Search
  • WYNMED

Bisa Berujung Kematian, Berikut Bahaya Dibalik Penyakit Maag

Updated: Jun 28, 2019



Wynmed.com, Siapa yang tidak mengenal penyakit maag? Maag tentu bukanlah penyakit yang asing lagi di telinga kita, penyakit maag bisa menyerang siapa saja.


Maag menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang dan banyak yang kemudian menyepelekan penyakit maag, padahal jika dibiarkan, maag bisa berujung kepada kematian jika dibiarkan berlanjut dan tidak ditangani dengan cara yang betul.


Data dari World Health Organization (WHO) menyebutkan, sekitar 40,8% masyarakat Indonesia mengidap sakit maag.


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, Penyakit maag di beberapa kota Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi. Di Kota Medan misalnya, penderita maag mencapai 91,6 persen, disusul Jakarta 50 persen, Denpasar 46 persen, Bandung 35,3 persen, Palembang 32,5 persen, Aceh 31,7 persen, Surabaya 31,2 persen, dan 31,2 persen di Pontianak.


Maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung akibat luka atau peradangan, sehingga menyebabkan rasa mulas dan perih di perut.


Pemilihan makanan yang tidak sehat, tidak bervariasi, rendah nutrisi, dan tinggi kandungan lemak, disertai stres dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan maag.


Salah satu gejala maag yang paling khas adalah kenaikan asam lambung. Hal ini kemudian memicu nyeri dada, perut mual dan terasa perih, tenggorokan panas, mulut terasa asam, serta sering bersendawa, hingga membuat penderita merasa lemas.


Baca Juga:

5 Cara Mengobati Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Tips Agar Tetap Sehat Meskipun Makan yang Banyak


Oleh karena itu pentingnya mengatasi sakit maag dengan tepat dan benar saat sedang kumat.


Saat sakit maag kambuh, maka pertolongan pertama pada sakit maag harus dilakukan untuk mengurangi gejala yang sangat menyakitkan tersebut dan beberapa diantaranya bisa anda lakukan sebagai berikut:


· Tetap Tenang

Saat Maag anda kumat, usahakan tetap rileks dan tenang karena dengan pikiran anda yang stress akan meningkatkan produksi asam lambung yang berlebih yang akan membuat rasa tidak nyaman pada lambung.


· Minum Air Putih

Saat maag sedang kambuh, maka segera konsumsi air putih untuk mengurangi gejala maag. 

Air putih bisa menetralkan asam lambung dan juga luka lambung dari bakteri penyebab infeksi dalam waktu yang cepat.


Selain itu, minum air putih juga bisa mendorong keluar sisa makanan yang masih menempel pada dinding lambung.


· Pilih makanan yang lembut dengan rasa netral

Saat anda terserang maag, pilihlah makanan yang netral, tidak asam, asin atau pedas dan bertekstur lembut, seperti pisang.


· Minum Temufit

terbuat dari ekstrak temu kunyit dan temu ireng, temufit mampu mengurangi produksi asam lambung yang berlebih, dan menetralisir asam lambung.


Dengan kandungan 95% Curcuminoid dan curcumin, Temufit mampu menjaga kesehatan lambung dan melancarkan pencernaanmu.



Sakit Maag pada dasarnya bisa disembuhkan, tapi berpotensi kambuh jika penderita terlalu banyak mengkomsumsi makanan pedas, asam, kafein dan berminyak.


Penderita sakit maag separah apapun tidak lantas meninggal. Dia meninggal karena terus menderita pada lambungnya.


Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan pencernaan Anda dalam jangka panjang, dan Temufit merupakan pilihan yang tepat untuk mempercayakan kesehatan lambung dan kelancaran sistem pencernaan anda.(Temufit.id)

113 views0 comments