Search
  • WYNMED

Segudang Khasiat Temu Kunyit yang Perlu Kamu Ketahui



Wynmed.com, Di Indonesia, banyak tumbuhan-tumbuhan herbal yang berguna untuk memelihara dan memperbaiki kesehatan. Salah satu dari tumbuhan tersebut adalah kunyit. Selain mudah didapat, kunyit memiliki khasiat yang sangat berlimpah untuk kesehatan sehingga bagian temu kunyit seringkali dipakai dalam pengobatan alternatif. Tidak hanya di dunia kesehatan, kunyit juga punya manfaat lain yang jarang diketahui orang. Berikut adalah manfaat-manfaat lain kunyit:


  • Dapat Menyembuhkan Bisa Ular

Riset menunjukkan bahwa kunyit memiliki kandungan antivenom yang sangat kuat. Kandungan curcuminoid dalam kunyit berguna untuk menonaktifkan dan menetralisir racun dari gigitan ular berbisa. Namun walau begitu, pemakaian kunyit untuk menghilagkan bias ular juga harus diiringi dengan mendatangi dokter ahli segera. Buat kamu yang sering main ke hutan belantara, jangan lupa bawa kunyit ya untuk berjaga-jaga!


  • Membantu Mengatur Gula Darah Dan Kolesterol

Selain mengatur tekanan darah, kunyit secara signifikan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kedua kondisi ini adalah cikal bakal dari penyakit jantung. Sifat-sifat antioksidan kurkumin membantu mengatasi kondisi ini secara efektif.


  • Menunda Proses Penuaan pada Kulit

Kunyit dikenal memiliki sifat yang dapat membantu dalam menunda munculnya tanda- tanda penuaan. Maka, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan mencegah penuaan dini. Caranya mudah sekali. Campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah, leher dan lengan. Ketika campuran tersebut mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan sisanya dengan air hangat. Bila kamu melakukan ini secara teratur, perawatan ini dapat membantu untuk menghindari munculnya kerutan dan membuat kulit selalu terlihat lebih muda.


  • Mencegah Kanker

Menurut penelitian, kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta mampu mematikan sel kanker. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa konsumsi 4 gram kunyit selama 30 hari bisa mengurangi jumlah lesi di usus besar hingga sebesar 40%. Dari bahan kunyit saja, bisa memberikan manfaat sebanyak ini. Tentu saja bukan hanya ini khasiatnya. Maka dari itu, yuk konsumsi herbal dengan bahan kunyit secara rutin!


4 views0 comments