top of page
Search
  • Writer's pictureWYNMED

Selain Kelelahan, Berikut Beberapa Kebiasaan yang Bisa Memicu Maag Akut Kambuh




Wynmed.com,  Sahabat Temu tahukah kamu bahwa semua orang pernah mengalami Maag, namun tingkat keasaman lambung yang menyebabkan kondisi sakit berada pada tahap yang berbeda.


Baru baru ini Wali Kota Sura baya Risma Rismaharini, harus dilarikan ke rumah sakit karena asma dan maag akutnya kambuh.


Orang yang mengalami masalah sakit maag mungkin akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung.


Beberapa orang merasa nyeri, perih dan sakit pada bagian lambung. Namun semua jenis keluhan ini biasanya diawal dengan gejala khusus, seperti kembung, mengeluarkan gas  lewat sedawa dan sembelit hingga muntah.


Berikut penyebab gangguan asam lambung:


1.Makanan yang Kurang Bersih

Infeksi bakteri (helicobacter pylori) yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih.



2.Pola Makan Tidak Teratur

Waktu makan yang tidak teratur. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan.


Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.


3.Kurang Komsumsi Makanan Bernutrisi

Kurangnya penyerapan nutrisi pada lambung. Hal ini disebabkan karena asupan yang kurang mengandung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.



4. Sering Konsumsi Makanan yang Terlalu Pedas

Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.



5.Stress

Gangguan emosi seperti Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.


6.Konsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.


7.Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan


66 views0 comments
bottom of page