Search
  • WYNMED

5 Tanda Stres yang Tidak Kamu Sadari

Updated: Oct 26, 2018


Stres atau depresi itu adalah fase yang pasti semua orang pernah merasakannya. Tapi, sebagian dari kalian mungkin tidak menyadari bahwa kalian sedang memasuki masa stres.

Tentu, ada tanda-tanda yang muncul di diri kamu saat kamu memasuki tahap stres. Apa saja? Kenalilah tanda-tanda tersebut sebelum terlambat!


1. Rambut Rontok Lebih Banyak


Rambut rontok bisa menjadi tanda kamu sedang stres. Ini terjadi karena kamu terus-terusan berpikir tentang persoalanmu sehingga berpengaruh kepada kerontokan dan kebotakan. Jika kamu mengalami ini, sering-seringlah mengaplikasikan hair tonic ke kulit kepalamu untuk mengurangi kerontokan.


2.Tidak Merasa Lelah WalauSebenarnya Lelah


Orang yang memasuki tahap stres justru kadang tidak merasa capek. Mereka tidak capek secara fisik namun lebih kepada capek ke pikiran. Efek dari capek secara pikiran terkadang lebih besar daripada capek secara fisik karena sulit bagi pengidap stres untuk tidak memikirkan persoalan yang sedang dihadapi.


3. Lebih Sensitif dari Biasanya


Tanpa kita sadari, rasa emosional kita yang sedang dilanda stres itu semakin meningkat. Dalam keadaan stres, kita menjadi lebih mudah marah maupun menangis, bahka karena hal kecil saja.




4. Nafsu Makan Tidak Beraturan


Ada dua kemungkinan saat kamu stres: nafsu makan kamu semakin bertambah, atau justru kamu tidak nafsu makan sama sekali. Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang spontan ingin terus makan saat stres karena menjadi lebih nyaman saat mengunyah, hal ini biasa disebut comfort eating yang dipicu oleh hormon stres.

Bila kamu orang yang justru tidak nafsu makan, kamu cenderung akan mual bila melihat atau memikirkan makanan saja. Ini terjadi karena hormon stres di otakmu menghilangkan nafsu makanmu.


5. Tidur Menjadi Tidak Tenang


Gangguan tidur adalah salah satu hal yang paling biasa dalam beberapa keadaan, terutama saaat stres. Saat mengalami stres, tentunya kamu akan terus memikirkan permasalahanmu sehingga otakmu tidak menerima untuk beristirahat. Saat tidurpun, kamu tidak bisa sepulas saat keadaanmu baik-baik saja.


Bila kamu sudah merasakan tanda-tanda ini, segeralah tangani dengan baik. Jangan sampai gejala-gejala ini berimbas kepada kesehatan yang lebih dalam lagi.

8 views0 comments