Search
  • WYNMED

Hati-Hati, Gadgetmu Ternyata Bisa Membawa Penyakit!

Updated: Oct 26, 2018


Gadget pada jaman sekarang seakan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Kalau kita perhatikan sekeliling kita, hampir semua orang tidak melepaskan pandangannya dari layar digital. Dimulai dari bangun tidur, berangkat kerja, di saat kerja, bahkan di saat beristirahat maupun di waktu pulang. Jangankan di sekeliling kita, pasti kita pun juga berlaku demikian bukan?

Coba kita tengok lagi ke belakang, berapa lama kita sudah memaksa mata kita untuk terus menerus melihat layar gadget? Memang kebanyakan dari kita memiliki pekerjaan yang membutuhkan komputer atau telepon genggam sebagai senjata terpenting. Namun, di balik kecanggihan teknologi dan kebutuhan kita ada faktor negatif yang dari gadget yang beresiko kepada kesehatan kita. Studi mengatakan bahwa bila kita terlalu sering berada di depan komputer maupun telepon genggam secara ekstensif dan tidak bergerak selama beberapa jam akan mengakibatkan

berbagai macam penyakit. Tidak heran, banyak orang-orang di umur produktif namun sudah memiliki keluhan terhadap daya tubuhnya. Contohnya, mata rabun, pusing kepala, tubuh pegal-pegal, dan keluhan lainnya.

Hati-hati, jangan sampai sering datangnya penyakit tubuh tersebut lantas kamu hanya mendiamkannya saja. Mulailah untuk mengurangi pemakaian gadgetmu. Yuk simak bagaimana tips dan triknya.



1. Kurangi duduk di kursi

Terlalu sering duduk di depan laptop bisa membahayakan kesehatan dan postur tubuhmu. Sewaktu-waktu, cobalah untuk berdiri agar aliran darah juga lebih lancar. Bila kamu sibuk dan harus tetap berada di depan laptop, dianjurkan juga loh untuk mengetik sambil berdiri.


2. Ubah warna handphone menjadi grayscale

Selain memperpanjang daya baterai handphone, mengubah warna juga dapat mengurangi kecanduan gadget kamu. Secara psikologis, warna merah adalah warna yang paling cepat direspon karena identik dengan darurat, awas, dan harus segera ditanggap. Sehingga saat ada notifikasi berwarna di handphone akan membuatmu langsung meraih handphonemu. Beberapa gadget seri terbaru udah bisa mengganti warnanya jadi hitam.


3. Membuat Jadwal

Supaya lebih produktif dan sehat, cobalah untuk membuat jadwal atau to-do listbeserta waktu pengerjaannya. Dengan begini, kamu bisa membatasi diri untuk tidak selalu menunda-nunda pekerjaan yang membuatmu bersikukuh dengan gadget terlalu lama.


4. Matikan Notifikasi

Terkadang, bunyi notifikasi di handphone membuat kita penasaran dan reflek meraih handphone kita. Bahkan kebanyakan dari kita akan keterusan bermain handphone dan menunda pekerjaan lain. Maka dari itu, menghentikan push notification dari handphonemu juga dapat membantu membuatmu mengurangi kebiasaan tersebut.


Begitulah kira-kira yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kecanduan gadget yang dapat membahayakan kesehatanmu. Yuk mulai dari sekarang, selalu peduli dengan kesehatan jiwa dan ragamu.


4 views0 comments